Tutorial Linux, Windows, Cisco, MikroTik

Wednesday, November 2, 2016

Mengukur jarak titik koordinat suatu daerah

Google Earth Pro adalah bola dunia 3D yang interaktif dan dapat digunakan untuk membantu perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan. Bisnis, pemerintah, dan pengguna profesional di seluruh dunia menggunakan visualisasi data, perencanaan lokasi, dan alat berbagi informasi Google Earth Pro.
Untuk mengetahui jarak tinggi rendah area menggunakan Google Earth berikut langkah-langkahnya: 

1. Untuk pertama tama sebelum melakukan aksi ini kita memerlukan sebuah aplikasi yang disebut google earth. jika di komputer anda sudah terinstall maka selanjutnya kita buka aplikasi tersebut.

2. Seperti tampak pada gambar diatas aplikasi google earth. aplikasi ini memiliki beberapa fitur misalnya 3d building yang fungsinya untuk menampilkan bangunan dalam bentuk 3 dimensi. road untuk menampilkan jalan dll.
   Langkah selanjutnya adalah menandai sebuah wilayah misalnya rumah atau sekolah. untuk memberi tanda langkahnya yaitu cari dulu wilayah yang akan ditandai lewat searching. jika sudah ketemu langsung saja ke icon warna kuning berbentuk pin. klik icon itu untuk menandai wilayah.

3. Apabila sudah di klik tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini. untuk daerah yang saya tandai adalah rumah saya. untuk memberi nama kita isikan pada kolom name denga nama daerah tersebut. sedangkan untuk mengganti gambar yang digunakan untuk menandai adalah icon kecil disamping kolom name klik icon itu. maka akan muncul banyak pilihan icon anda dapat memilih sesuai selera anda masing masing. jika sudah lalu OK.

4. Langkah selanjutnya adalah memberi tanda disekolah atau daerah lain, kalau saya akan menandai sma di dekat rumah saya. caranya sama kita tinggal temukan sekolah tersebut dan tandai dengan tepat.

5. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah menggariskan kedua lokasi tersebut dengan ruller (klik icon kecil di bagian atas map yang bergambar penggaris ). jika sudah di klik akan muncul kotak dialog kecil disitu tertera jarak.

6. Kamudian klik tepat di lokasi pertama (rumah) supaya memudahkan untuk langsung menuju ke lokasi kedua kita langsung klik double saja pada kolom sebelah kiri bawah yang tela kita tandai lokasinya tadi.

7. Maka google earth akan langsung menuju lokais tersebut (SMA) lalu klik pula tepat di lokasi SMA tersebut. jika sudah maka akan tercipta sebuah garis kuning lurus yang menghubungkan rumah dengan sekolah. dan pada kotak dialog tadi tertuliskan jarak lurus ke sekolah. jika sudah klik save.

8. Jika sudah maka akan muncul gambar seperti dibawah ini yang digunakan untuk memberi nama garis tersebut. jika sudah diberi nama langsung saj aklik OK.

9. Jika sudah di klik ok maka akan tercipta garis warna merah. untuk mengetahui tinggi rendahnya daerah yang di lewati garis kita hanya perlu klik kanan pada garis merah tersebut kemudia pilih "show elevations profile".

10.Maka pada bagian bawah map akan muncul grafik yang menyatakan tinggi rendahnya daerah tersebut.




Proses pengukuran jarak dan tinggi rendah antara titik koordinat 1 dengan yang lain telah selesai dan selamat mencoba semoga bermanfaat.
Share:

2 comments:

  1. http://sigernetworks.blogspot.co.id/2016/11/mengukur-jarak-titik-koordinat.html

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete