Tutorial Linux, Windows, Cisco, MikroTik

Wednesday, November 23, 2016

Cara setting share UseeTV di MikroTik menggunakan Wireless dengan metode VLAN ID

Setting Useetv Indihome Agar bisa digunakan Bersamaan dengan Hotspot Mikrotik Via Wireless, bingung juga saya mw nulis judulnya  kayak gimana jadinya judulnya aga kepanjangan, intinya kira2 seperti gambar dibawah
 
Telkom Indonesia sebagai salah satu ISP terbesar di indonesia kini menghadirkan sebuah layanan baru yang sekarang kita kenal dengan istilah INDIHOME yang di dalamnya termasuk paket TriplePlay( kira2 sperti itu tulisanya) yang didalam 1 paket udah di sediain 3 layanan, yaitu Telepon rumah,Intenet, sama Useetv
Nah, ada beberapa lokasi di pinggiran kota di beberapa daerah yang tidak bisa mendaftar untuk menikmati layanan INDIHOME ini dengan alasan wilayah pinggiran kota belum tercover oleh telkom di tempat saya, salah satunya daerah  tempat saya tinggal. 
 
Saya mengambil inisiatif untuk memasang INDIHOME di rumah kenalan saya yang mana wilayahnya bisa tercover oleh dan telkom, dan akan saya teruskan ke Rumah saya melalui perantara Wireless. alhasil saya pun bisa berinternetan di rumah menggunakan INDIHOME, namun yang jadi masalah saya tidak bisa menikmati Useetv padahal pembayaran Iuran sudah termasuk dengan useetv itu sendiri.
tak mungkin lah saya menarik kabel dari Modem yang jaraknya kurang lebih 5km ke STB yang ada di rumah saya
dari pada kepanjangan ceritanya mending langsung ke pembahasan aja ya
perangkat yang di butuhkan
  1. Modem Indihome (udah ada dari telkom)
  2. Radio Wireless 2 buah. merk dan type disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang penting keduanya bisa dijalankan di mode BRIDGE. pada kasus ini saya menggunakan Wireless AP keluaran ubiquity merk airgrid dan nanobridge. karena menurut saya mungkin ini radio yang pas untuk jarak 5km
  3. Mikrotik. Terserah maw pake routerboard atau routeros versi berapapun. namun saya menggunakan RB750 karena mikrotik rb750 yang paling pas dengan kantong saya :v
  4. STB (Udah ada dari Telkom)
  5. HUB. Ini Optional aja. namun saya pribadi menggunakanya untuk memisahkan koneksi internet dengan koneksi useetv. karena nantinya koneksi internet akan saya teruskan lagi ke AP lain. 
  6. TV
Caranya :
Setting Modem Indihome anda. namun pada umumnya Modem sudah di setting oleh Pihak telkom     dengan pengaturan seperti ini : Port 1,2,3 untuk Internet dan Port 4 Untuk useetv. jadi saya rasa       untuk tahap ini bisa di skip 
setting mikrotik anda, pastikan mikrotik anda sudah bisa mengakses internet, begitupun client di belakang mikrotik. 
Mikrotik Ether 1 = public (192.168.1.2)
Mikrotik Ether 2 = local(192.168.2.1)
Mikrotik Ether 3 = hotspot(192.168.3.1)

Mikrotik Ether 4 = backup(192.168.4.1)
Mikrotik Ether 5 = proxy(192.168.5.1)
Port mikrotik yang akan kita gunakan yaitu Port 1 (public), Ether 3 (Hotspot) dan Port 4 (Backup)
port 2 dan 5 bisa kita abaikan dulu
untuk Port 4,5 bisa di remove dahulu network addressnya dari winbox sehinggan hasilnya kira2 seperti ini
 

Proses pemasangan kabel
  • Colok Kabel di Port1 modem ke port 1 mikrotik (public)
  • Colok Kabel di Port4 modem ke port 4 mikrotik (Backup)
  • Colok Kabel di Port3 mikrotik (Hotspot) ke Port Access Point
Konfigurasi VLAN
  • di menu interface winbox tambahkan sebuah VLAN baru dan beri nama VLANUseeTV,
  • VLAN ID di isi = 2
  • Interface pilih = Hotspot
Setting Bridge
  • Masuk Kemenu Bridge, dan tambahkan Bridge baru
  • Beri nama Bridgenya = BridgeTV
  • Pindah ke tab Ports
  • Tambah Port baru untuk BridgeTV. Pada interface Pilih VLANUseeTV
  • Tambah Port baru lagi, namun interface yang di pilih adalah port4 (Backup)
Setting Radio

  • radio 1 di setting sebagai access point pada mode bridge
  • radio 2 di setting sebagai station pada mode bridge
  • kabel dari radio 2 bisa di colok langsung ke TV, namun bisa juga di colok ke HUB dahulu dan selanjutnya ke TV
Setting STB
  • Masuk ke menu setting STB dan pastikan VLAN di STB adalah 2
Selesai :D

Update 15 Oktober 2016
Menjawab pertanyaan dari saudara Hadi maka saya sertakan Juga gambar instalasi Kabel
Ket
Merah = Port 1 Modem --- Port 1 Mikrotik (Internet)
Biru   = Port 4 Modem ---- Port 4 Mikrotik (UseeTV)
Hijau = Port 3 Mikrotik --- Wireless Access Point (Hotspot + UseeTV)
 
Selamat Mencoba
 
Share:

1 comment: