Tutorial Linux, Windows, Cisco, MikroTik

Wednesday, March 15, 2017

Cara Membuat Sistem Isolir Pada Jaringan Hotspot di MikroTik

Cara yang paling efektif untuk pengusaha hotspot lokalan adalah menggunakan cara yang halus untuk menanyakan tagihan yang belum dilunasi oleh pelanggan. Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita menggunakan system isolir sebagaimana yang dilakukan ISP Besar pada pelanggannya yang telat bayar. Berikut ini contoh cara yang bisa kita gunakan. Sebelumya download dulu contoh halaman untuk redirect berikut ini (expired.html) kemudian extract dan edit kontennya dengan notepad/lainnya untuk disesuaikan. Lalu upload kedalam folder hotspot di mikrotik.

Asumsi, IP Hotspot Server : 192.168.3.1  Interface: ether5

Langkah Pertama, IP ADDRESS

Tambahkan ip address baru pada interface yang sama dengan interface ip hotspot server, yaitu ether5. Dalam contoh  ini saya menambahkan ip baru  192.168.10.1/24 pada ether5. Kemudian buat ip pool untuk ip address tersebut dan kasih nama expired.


Langkah Kedua, USER-PROFILE

Buat user-profile baru dengan nama expired dan pada bagian address-pool pilih expired yang tadi baru saja dibuat. dan nonaktifkan Transparent Proxy

Langkah Ketiga, IP WEB-PROXY ACCESS

Buka ip web-proxy dan aktifkan/enable. port : 3127



Kemudian klik “access” dan tambahkan rule baru sebagai berikut, yang perlu diisi adalah Dst. Address : 192.168.3.1 (ip hotspot-server) Dst. Port: 80 Action: allow

Tambahkan satu lagi rule baru sebagai berikut, Yang perlu diisi adalah Src. Address: 192.168.10.0/24 (ip expired user) Action: deny Redirect to: 192.168.3.1/expired.html.


Kemudian pada ip firewall , Tambahkan Nat sebagai berikut :


Pada bagian action Action: redirect To Ports: 3127


Langkah Keempat, PENGGUNAAN

Untuk menggunakannya, Bagi pengguna non user-manager, tinggal merubah profile user yang belum bayar ke profile expired. Bagi yang menggunakan user-manager, buatlah profile dan limitation baru contoh: Buat profile baru dengan nama expired kemudian tambahkan limitation dengan nama expired dan pada Constraint IP pool isi dengan expired.


Note : 
Jika tanpa validity, tinggal kita rubah profilenya user yg belum bayar ke profile expired. Jika actual profilenya menggunakan validity, tambahkan profile expired yang baru saja dibuat ke daftar antrian All profiles user.


Sesuaikan halaman expired dengan kebutuhan anda, bisa dari notepad atau dari sublime seperti saya, semoga bisa membantu.


Selesai.

Untuk Contoh Index Isolirnya bisa di Download DISINI

Selamat Mencaoba dan Semoga Sukses





Share:

2 comments: